Jumat, 11 November 2011

Misteri Senyum Iblis pada Lukisan Giotto

Basillica-St-Francis-dAsissi
Sebuah detail dari lukisan karya Giotto di Basilika Santo Fransiskus di Assissi terlihat dalam gambar yang dirilis pada 5 November 2011.

Bagian Restorasi Seni telah menemukan sosok setan (iblis) yang tersembunyi dalam awan dari salah satu lukisan-lukisan yang paling terkenal oleh Giotto di Basilika Santo Fransiskus di Assisi.

Legend of St Francis 20.
Death and Ascension of St Francis karya Giotto_01
Iblis itu tersembunyi dalam rincian awan yang lebih detail di bagian atas nomor fresco 20 dalam siklus dari adegan dalam kehidupan dan kematian Santo Fransiskus yang dilukis oleh Giotto di abad ke-13.
Legend of St Francis 20.
Death and Ascension of St Francis karya Giotto_02
Penemuan itu dilaporkan oleh sejarawan seni Italia Chiara Frugone.

Dalam gambar yang tertangkap kamera menunjukkan sebuah profil tokoh dengan hidung bengkok, senyum licik, dan tanduk gelap yang tersembunyi di antara awan-awan di panel dari adegan yang menggambarkan kematian Santo Fransiskus. Image ini sulit terlihat dari lantai Basilika, tetapi akan muncul secara jelas jika di close-up oleh kamera.
Legend of St Francis 20.
Death and Ascension of St Francis karya Giotto_03

Sergio Fusetti, Pemulih Kepala Basilika, katanya Giotto mungkin tidak pernah menginginkan gambar iblis untuk menjadi bagian utama dari lukisan itu dan mungkin telah dicat di antara awan untuk sekadar sedikit bersenang-senang dan peneguhan cerita.

Karya seni di Basilika, di biara tempat St Francis dimakamkan terakhir dipulihkan setelah rusak parah akibat gempa bumi pada tahun 1997.

Legend of St Francis 20.
Death and Ascension of St Francis karya Giotto_04

Ditemukannya gambar iblis ini akan mengundang pakar seni dan sejarah untuk mengungkapkan lebih jauh tentang makna dari lukisan fresco ini.

Informasi mengenai Giotto dari Bondone ini sendiri masih sangat minim namun ia umumnya dianggap sebagai pria yang memicu Renaisans Italia.
Ia terlahir pada 1266 atau 1267 di Florence dan hidup hingga Januari 1337




A statue of Giotto outside the Uffizi Gallery
in his native Florence
Church of Basilica of St Francis in Assisi, Italy
Sumber :
http://luar-negeri.kompasiana.com/2011/11/06/bertemu-iblis-di-basilika-santo-fransiskus-assissi-italia/

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam atau mengandung SARA.
Terima Kasih.